Ir. Tjokorda Raka Sukawati, Penemu Sistem Jalan Layang

Tjokorda Raka Sukawati lahir di Ubud Bali, 3 Mei 1931. Ia merupakan seorang insinyur Indonesia yang menemukan konstruksi Sosrobahu, yang memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas pada saat pembangunan. Yang melatarbelakangi beliau untuk membangun sistem ini karena pada tahun 1980-an, Jakarta sudah mengalami kendala kemacetan lalu lintas, banyak membangun jalan layang sebagai salah satu solusi meningkatkan infrastruktur lalu-lintas.

Pompa hidrolik bisa dipakai untuk mengangkat benda berat dan bila bertumpu pada permukaan yang licin, benda tersebut mudah digeser menjadi inspirasi beliau. Tjokorda menyempurnakan temuannya dengan memperhatikan posisi dongkrak ditentukan persis di titik berat lengan beton di atasnya.

Uji coba langsung di lapangan dilakukan pada tanggal 27 Juli 1988 pukul 10 malam dan pada pemasangan ke-85, awal November 1989, Presiden Soeharto ikut menyaksikannya dan memberi nama teknologi itu Sosrobahu yang diambil dari nama tokoh cerita sisipan Mahabharata. Sejak itu Landasan Putar Bebas Hambatan (LBPH), sebuah landasan putar untuk lengan beton, dikenal sebagai Teknologi Sosrobahu.

Sumber :